BAB Bayi hijau tua atau hijau gelap karena minum susu formula

ASI dan Susu Formula???????




Assalammualaikum ibu-ibu, kali ini saya ingin membagi pengalaman tentang anak saya yg mengkonsumsi susu formula dan asi.

Kenapa kok saya pakai susu formula? Karena kuantitas asi saya berkurang semenjak mulai masuk kerja lagi...terlebih lagi saat saya sudah mulai KB (suntik 1 bulan 1×)..karena saya tidak cocok dengan KB yang 3 bulan 1x..sering vertigo, tulang serasa ngilu mau rontok, tidak enak di badan..dan yang pasti kalau suntik 3 bulan 1x itu saya tidak haid sama sekali.
Eh kok jadi ngomongin KB yaaa.

Lanjut lg deh,
Untuk baby yang no.1 itu saya menggunakan produk  (S**) mulai dari 0 bulan karena saya habis sesar mengkonsumsi obat racikan jg, jadi asinya ga keluar sama sekali...sampai sekarang usia 3 tahun masih mengkonsumsi itu, alhamdulillah langsung cocok.
Meskipun di awalnya si kakak tidak begitu suka..tapi di paksa..ya akhirnya mau juga..melihat kondisi dompet juga sih.

Nah untuk yg kedua ini baby S, aku asi eksklusif sampai 3 bulan karena bulan ke 3 dia batuk pilek jadi mesti minum obat puyer dan mesti pakai air putih dong, jadi ya sudah tidak eksklusif lagi deh..akhirnya pas usia 3,5 bulan aku mulai stok asi di kulkas...dan bertahan sampai 4 bulan aja..itu pun aku ngasih tambahan sufor 1 hari 3 botol, nyoba yg S** dan dia tidak mau minum sama sekali.

Akhirnya nyoba Googling dan pilihannya jatuh pada Mo****** .
Harganya lumayan cinn..ya udah deh ga apa apa yang penting dia mau minum..kasian kan klo asix yang dia minum sedikit takutnya dehidrasi...setelah mengkonsumsi susu tersebut ee nya baby S jadi berwarna hijau seperti jus bayam / alpukat...aku pikir itu mungkin karena baru pertama kali ..tapi setelah 1 bulan masih hijau dan warnanya jadi semakin gelap seperti abu2 kehijauan dan bau banget...akhirnya aku stop...
Dan setelah aku mencari di goolge ternyata memang ada yang seperti itu karena pencernaan bayi kan beda beda dan bayi S buang air besar nya cuma 1 hari 1x..kadang 2 hari 1x..mungkin itu yg menyebabkan dia ee nya warna hijau..dan di kolom komentar tanya jawab Dokter Spesialis Anak pun tidak begitu bermasalah jika ee bayi warna hijau..yang penting tidak pucat, tidak berwarna hitam atau putih...(bukan hitam putih acara televisi ya)

Tapi ada yang bilang kalau buang air besar nya hijau atau abu-abu..dan bau itu berarti tidak cocok susu formula nya...ya akhirnya saya minta petunjuk mbah google tanpa kemenyan dan bunga 7 rupa ya...

Akhirnya pilihan saya jatuh pada Be***** 1 karena bayi S sekarang sudah 5 bulan...saya beli nya yang 200 gram..itu pun tidak ada di toko susu langganan saya..harus ke mini market atau supermarket...harganya selisih 30 ribuan sama M*******.

Beli deh Be****** 1 yang 200 gram dulu..mau tes apa dia cocok atau tidak...klo tidak cocok ya ganti lagi yang lain.

Alhasil 1 hari pertama belum buang air besar...pas hari ke 2 buang air besar sore hari nya..masih hijau sih..tapi sudah campur kuning..agak mengejan juga dia.

Pas hari ke 3 dan pas habis itu susu nya dia buang air besar lagi..dan...tara..kotorannya nya kuning kembali..alhamdulillah sudah normal..tidak rewel dan tidak kembung
Ya sampai hari keempat ini saya masih menggunakan Be******* 1..mudah mudahan cocok terus jadi ga gonta ganti lagi.

Pesan saya se bagus bagusnya susu formula masih bagus asi ibu sendiri..tapi apabila ada kendala maka pemberian susu formula jadi solusinya..mungkin ada dokter yang pro dan kontra tentang pemberian asi bayi usia 0 sampai dengan 6 bulan.

Tapi ya kita ambil yang terbaik saja..alas untuk memberikan asi ya ibu-ibu..untuk sistem imun bayi juga.

Pernah juga sih dengar kasus bayi dehidrasi padahal dia menyusu terus tidak berhenti dan dengan yakin si ibu pun merasa kalau bayinya cukup asi dan ternyata tidak, bayi tersebut hanya menyedot saja tanpa ada asi yang keluar, dan ibu nya pun kaget saat dokter bilang kalau bayinya dehidrasi, berat badan bayi tersebut juga turun secara signifikan, kenapa bisa seperti itu?

Pada umumnya ibu muda yang baru pertama kali punya bayi akan sulit membedakan apakah payudara nya masih berisi asi atau sudah kosong istilahnya, apalagi tidak ada yang memberitahukan perihal cara menyusui yang baik, menurut pengalaman saya, beberapa persen dari wanita itu puting tidak berbentuk sempurna untuk sarana memberikan asi ke bayinya, kemudian bayi yang baru lahir pun biasanya akan terus berusaha untuk mendapatkan asi dari sang mama, karena kurangnya sosialisasi maka sebagian dari mereka mengalami lecet puting bahkan sampai luka, itu karena perlekatan puting yang kurang tepat di mulut bayi.

Untungnya sebagian bidan di pelayanan kesehatan baru-baru ini sudah banyak yang mensosialisasikan tentang I M D ( Inisiasi Menyusui Dini), dan memberitahukan cara yang tepat agar asi yang keluar banyak dan tidak menyebabkan lecet puting. Jadi bagi ibu muda tidak kesulitan saat mencoba menyusui untuk pertama kalinya, semangat...

Oh ya usahakan jangan stres ya ibu - ibu supaya asi nya lancar terus, perbanyak minum air putih hangat kalau bisa, itu saja sih menurut saya, mungkin ada ibu-ibu yang ingin membagikan pengalamannya seperti saya silahkan sharing, kita berbagi ilmu dan pengalaman, karena ilmu yang tidak kita dapatkan di sekolah itu adalah PENGALAMAN...

Waalaikumsalam wr. wb.

Comments

Popular posts from this blog

Mengaktifkan kembali BNI Mobile Banking setelah aplikasi terhapus dari HP atau ganti HP

Cara mengatasi penyakit kuning pada bayi

Fungsi Terbilang, Merubah Angka Jadi Huruf di Excel